Sabtu, 12 Juli 2014

Penerapan dan penguasaan dalam berbahasa (tugas penerjemahan berbantuan komputer 3)



Teori penguasaan berbahasa.Lima hipotesis berikut ini merangkum teori tentang penguasaan bahasa. ( untuk teknik pembahasan dan keterangan yang mendukung, oleh Krashen 1994, 2004.)Hipotesis penguasaan berbahasa.Kita mempunyai dua cara yang sangat berbeda dalam mengembangkan kemampuan di bahasa yang lain: kita bisa mendapatkan bahasa, dan kita dapat mempelajari bahasa.Penguasaan bahasa terjadi secara sadar. Ketika sedang terjadi, kita tidak sadar kalau itu sedang terjadi. Kita mengira bahwa kita melakukan percakapan, membaca buku, menonton film. Tentunya, kita, tetapi diwaktu yang sama, kita mungkin akan memperoleh bahasa.Dan juga, sekalipun kita memperoleh sesuatu, kita tidak langsung sadar kalau sesuatu telah terjadi; pengetahuan akan tersimpan dalam otak tanpa kita sadari.Penelitian sangan mendukung pandangan bahwa baik anak-anak dan orang dewasa tanpa disadari dapat memperoleh bahasa. Pun, baik lisan and tulisan bahsa dapat diperoleh.Penguasaan terkadang disebut sebagai “ penambahan “ suatu bahasa. Ketika seseorang mengatakan,  “ aku berada di Perancis untuk sementara waktu, dan saya menjemput beberapa orang Perancis.” Itu berarti pria atau wanita mendapatkannya.Pembelajaran bahasa merupakan suatu proses kesadaran: ketika kita belajar, kita menyadari bahwa kita belajar dan mencoba untuk belajar. Pembelajaran bahasa adalah apa yang kita lakukan di sekolah; dalam bahasa sehari-hari, ketika kita membicarakan tentang “aturan-aturan” dan “tata bahasa,” kita berbicara tentang “pengetahuan.”Perbaikan kesalahan seharusnya membantu pembelajaran. Ketika kita membuat kesalahan dan dibenarkan, kita seharusnya mengubah versi kesadaran kita dari aturan. Jia seorang pelajar mengatakan, “I comes to school everyday,” dan guru menanggapi dengan, “No, it’s ‘I come to school’,” pelajar seharusnya menyadari kalau –s tidak merajuk ke orang pertama tunggal dari bentuk kata kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar