Kamis, 22 November 2012

Peran Pemuda dalam Masyarakat


Pemuda memiliki peran penting dalam masyarakat, bangsa dan negara. Sejarah pun juga membuktikan bahwa pemuda berperan penting dalam kemerdekaan.Dimana saja,di negara mana saja kemerdekaan tak pernah luput dari peran pemuda.Karena pemudalah yang paling bersemangat dan ambisius memperjuangkan perubahan menuju lebih baik. Pemuda mempunyai banyak potensi, Akan tetapi jika tidak dilakukan pembinaan yang terjadi adalah sebaliknya.Potensinya tak tergali,semangatnya melemah atau yang lebih buruk lagi ia menggunakan potensinya untuk hal-hal yang tidak baik misalnya tawuran, demo secara anarkhis dsbnya.Pemuda memiliki peran penting dalam masyarakat sebagai bibit muda yang menonjol memiliki kualitas ,ketahanan fisik yang baik dan tergolong dalam usia produktif yang mampu bersaing dalam berbagai hal. Seorang pemuda haruslah berani bermimpi dan berniat, berani berbuat dan bertanggung jawab, dan selalu mengandalkan diri sendiri melalui sikap patriotisme yang mampu bertarung demi nama bangsa dan negara.

Hambatan atau masalah yang dihadapi pemuda/i.

Masalah pemuda merupakan masalah yang abadi dan selalu dialami oleh setiap generasi dalam hubungannya dengan generasi yang lebih tua. Masalah itu disebabkan karena akibat dari proses pendewasaan seseorang, penyesuaian dirinya dengan situasi yang baru timbulah harapan setiap pemuda akan mempunyai masa depan yang lebih baik dari pada orang tuanya. Masalah antar generasi merupakan salah satu kesalahan masyarakat yang dikenall sejak dulu kala. Yang dipermasalahkan adalah nilai-nilai masyarakat. Pada umumnya dapat dikatakan bahwa masalah antar generasi mencerminkan bagaimana kebudayaan masyarakat itu sendiri.

Berbagai macam permasalahan generasi muda yang muncul pada saat ini antara lain:

a. Menurunnya jiwa idealisme, patriotisme dan nasionalisme dikalangan masyarakat termasuk jiwa pemuda. 
b. ketidakadanya keyakinan yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya (yaitu dengan bersikap pesimis terhadap masa depannya)
c. Belum adanya keseimbangan antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun non formal.
d. Kekurangan lapangan dan kesempatan kerja serta tinggi nya tingkat pengangguran dan setengah pengangguran dikalangan generasi muda mengakibatkan berkurangnya produktifitas oleh nilai-nilai kekuasaan dan sebagainya.
e. Masih langkanya pengalaman-pengalaman yang dapat merelefansikan pendapat sikap dan tindakanya dengan kenyataan yang ada.

Potensi generasi muda

Potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu dikembangkan adalah sebagai berikut:
a. Idealisme dan daya kritis
b. Dinamika dan kreatifitas
c. Keberanian mengambil resiko
d. Optimis dan Semangat
e. Sikap kemandirian dan disiplin
f. Terdidik
g. Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
h. Patriotisme dan Nasionalisme  
i. Fisik kuat dan jumlah banyak
j. Sikap kesatria
k. Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi

Prestasi pemuda/i Indonesia telah sampailah di kanca International, misalnya melalui olahraga dan IPTEK.

-Olahraga : berbicara soal olahraga mengingatkan kita pada kompetisi sea games 11 Nov -22 Nov 2011 di Palembang dan Jakarta. Indonesia sebagai tuan rumah mampuh menyabet juara umum pada kejuaraan tersebut, hal ini sangatlah mengesangkan dan membagakan kami selaku masyarakat Indonesia. Dimana para patriot-patriot bangsa yaitu atlet-atlet Indonesia mampu mengukirkan nama Indonesia di antara negara-negara asean lainnya menjadi yang terbaik dan sebagai pemenang. Bukanya hanya di sea games tapi juga di asian games bahkan olimpiade dan kejuaraan dunia lainya Indonesia mampu bersaing. Kegigihan pemuda melalui olahraga ini menarik berbagai simpati masyarakat Indonesia.
-IPTEK : Para pelajar pemuda/i pun mampu bersaing melalui IPTEK dalam kanca internasioanal, pemuda-pemuda saat ini sudah banyak menciptakan penemuan-penemuan baru seperti alat pendetaksi gempa,banjir,dan sunami, mobil dengan multifungsi dengan menghemat bahan bakar dan menitik beratkan pada penanggulangan global warming, beberapa pelajar Indonesia menerima penghargaan Nobel Fisika,Kimia dan Matematika dari Ilmuan dunia dan Indonesia mampu mencatatkan rekor sebagai pemuda/i yang luar biasa dalam dunia Ilmu Pengetahuan Teknolgi dimana kita ketahui bahwa Indonesia sebagai pengguna/konsumen terbesar dalam penggunaan teknologi, pangsa pasar yang besar menunjukan peningkatan pengetahuan teknologi pada umumnya semakin meningkat.dsbnya.

Prestasi pemuda saat ini bagi bangsa kami patut di ancungkan jempol, banyak orang selalu melihat pada sisi negatif pemuda. Pemuda selalu digambarkan dengan perilaku hidup bebas, tidak berkompromi dengan apa yang dilakukannya, mementingkan diri sendiri dan sebagainya. Banyak orang tua pun terkadang masih meragukan kemampuan dan kelebihan anak-anak mereka bahkan negara sendiri turut menunjukan sikap yang sangat disayangkan sehingga meninjau hal-hal yang sudah lalu banyak ilmuan kita, jiwa-jiwa muda kita yang rela dibayar mahal untuk membangun negara lain. Kapasitas sebagai pemuda dalam hal ini tidaklah dihargai,ada beberapa contoh kecil yang saya amati dalam aspek politik, beberapa orang muda yang turut mencalonkan diri dalam pemilihan sebagai  kepala daerah,gubernur atau DPR,MPR hanya mampu memperoleh kepercayaan yang minim ataupun terbilang kecil dari masyarakat pada umumnya dan organisasi masyarakat pada khususnya, hal ini ditanggapi bahwa pemuda tersebut tergolong masih kecil, belum ada pengalaman dan belum mampu untuk menjadi seorang pemimpin, lah sampai kapan hal ini terus berlangsung? Kesempatan sebagai pemuda pun berlalu begitu saja, padahal saat ini banyak pemuda yang memiliki sikap merdeka dalam dirinya, kemandirian dan patriotisme. Hal ini kiranya menjadi tinjauan bagi kita bersama selaku masyarakat dan pemuda/i bangsa, kedepannya diharapkan agar kami pemuda/i bangsa Indonesia tak perlu diragukan, karena kami pun mampu untuk bersaing dan memimpin negeri ini. Saatnya Pemuda beraksi !!! :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar