Minggu, 02 Juni 2013

Komunikasi Verbal dan Nonverbal


§  Komunikasi Verbal
Komunikasi Verbal adalah proses penyampaian pikiran, pesan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan simbol yang menggunakan satu kata maupun lebih sebagai medianya. Media yang sering dipakai yaitu bahasa. Karena, bahasa mampu menerjemahkan pikiran seseorang kepada orang lain. Ide, informasi ataupun opini. Bahasa sudah dianggap menjadi suatu sistem kode verbal. Karena sepanjang hidup kita menggunakan bahasa, maka sering kali kita tidak menyadari lagi fungsi bahasa. Kita baru menyadari fungsi bahasa saat kita menemui jalan buntu dalam menggunakan bahasa. Misalnya saat kita berkomunikasi dengan seseorang yang sama sekali tidak memahami atau mengerti bahasa kita, begitu juga sebaliknya kita tidak mengerti dan memahami bahasanya.

§  Komunikasi Nonverbal
Komunikasi Nonverbal adalah kebalikan dari komunikasi verbal yaitu proses penyampaian pesan kepada orang lain dengan tidak menggunakan kata-kata. Komunikasi Nonverbal menggunakan kial (gestur), gerak, isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata. Dan bisa juga menggunakan  penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol (lambang) serta cara berbicara seperti intonasi , penekanan, kualitas suara, gaya emosi ,  gaya berbicara dan lain sebagainya. Tetapi para ahli dibidang komunikasi nonverbal biasanya mendefinisikan ‘tidak menggunakan kata’ dan tidak menyamakan komunikasi nonverbal dengan komunikasi nonlisan. Misalnya tulisan tidak dianggap sebagai komunikasi nonverbal karena menggunakan kata-kata meskipun tidak secara langsung.

Jenis - Jenis Komunikasi Nonverbal yaitu :
  • Sentuhan (haptic) : Sentuhan atau disebut dengan tactile message, termasuk pesan nonverbal nonvisual dan nonvokal. Alat penerima sentuhan adalah kulit, yang mampu menerima dan membedakan berbagai emosi yang disampaikan orang melalui sentuhan.
  • Komunikasi Objek : Komunikasi objek yang paling umum adalah penggunaan pakaian. Orang sering dinilai dari jenis pakaian yang digunakannya, walaupun ini dianggap termasuk salah satu bentuk stereotipe (penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok di mana orang tersebut dapat dikategorikan). Contoh dari penggunaan komunikasi objek adalah seragam.
  • Kronemik : Secara singkat dapat dijelaskan bahwa kronemik merupakan bagaimana komunikasi nonverbal yang dilakukan ketika menggunakan waktu, ini juga berkaitan dengan peranan budaya dalam konteks tertentu. Contohnya Mahasiswa menghargai waktu.
  • Gerakan Tubuh : Gerakan tubuh biasanya digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frasa, misalnya mengangguk untuk mengatakan ya; untuk mengilustrasikan atau menjelaskan sesuatu; menunjukkan perasaan, misalnya memukul meja untuk menunjukkan kemarahan untuk mengatur atau menngendalikan jalannya percakapan untuk melepaskan ketegangan.
  • Proxemik : Proxemik adalah bahasa ruang, yaitu jarak yang gunakan ketika berkomunikasi dengan orang lain, termasuk juga tempat atau lokasi posisi berada.
  • Lingkungan : Lingkungan juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. Diantaranya adalah penggunaan ruang, jarak, temperatur, penerangan, dan warna.
  • Vokalik : Vokalik atau paralanguage adalah unsur nonverbal dalam suatu ucapan, yaitu cara berbicara. Ilmu yang mempelajari hal ini disebut paralinguistik. Contohnya adalah nada bicara, nada suara, keras atau lemahnya suara, kecepatan berbicara, kualitas suara, intonasi, dan lain-lain.


Slogan pada produk
Aqua

AQUA berasal dari sumber mata air yang terpilih dengan segala kemurnian dan kandungan mineral alami yang terpelihara. AQUA dikemas dengan proses higienis dalam beberapa ukuran kemasan botol plastik; 330 ml, 600 ml dan 1500 ml serta kemasan gelas plastik ukuran 240 ml dan kemasan galon 19.l untuk menunjang kegiatan yang dinamis agar terhindar dari dehidrasi. AQUA mempersembahkan masyarakat Indonesia segala kebaikan alam di setiap tetesnya.
Melihat pada pangsa pasar yang semakin luas dan kebutuhan yang sangat tinggi akan air mineral, aqua menjadi salah satu produk yang masih di percaya dalam kalangan masyarakat pada umumnya sebagai salah satu brand terbaik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Air mineral yang dikemas secara khusus dan higenis ini mampu memenuhi setiap kebutuhan masyarakat, oleh karena itu saya memilih produk ini sebagai pelengkap dalam pemenuhan tugas komunikasi bisnis yang dimana saya beri slogan tertentu yaitu :

“Hidup sehat? Minum Aqua !”  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar